5 Fungsi Air Purifier Selain Menjaga Kualitas Udara di Rumah

Kegunaan Air Purifier yang Harus Kamu Ketahui

Kondisi udara di lingkungan saat ini dapat dikatakan sudah tidak jernih lagi, apalagi di daerah perkotaan yang tingkat polusi udaranya lebih tinggi. Hal ini tentu sangat berdampak buruk pada kesehatan manusia, terutama bagian sistem pernapasan. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kualitas udara yang lebih baik, kamu bisa melakukannya dengan cara menanam banyak tumbuhan di halaman rumah serta mengurangi penggunaan transportasi dan hal lainnya yang dapat mencemarkan udara.

Tak hanya itu, kamu juga butuh alat penjernih udara di rumah, seperti air purifier agar hasilnya lebih maksimal. Fungsi utama dari air purifier adalah untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Namun, masih ada beberapa fungsi lain dari air purifier yang mungkin belum kamu ketahui. Oleh karena itu, pada artikel kali ini Kania akan membahas lima fungsi air purifier lainnya. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Menangkap Asap Berbahaya

Asap yang datang dari pembakaran sampah atau orang yang merokok sangat berisiko untuk kesehatan paru-paru, terutama pada anak kecil dan lansia. Jangan anggap remeh karena jika terus dibiarkan, hal ini dapat berakibat fatal, seperti terserang penyakit bronkitis, asma, dan demensia.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan air purifier di dalam hunian yang mampu menangkap asap berbahaya. Kemampuan air purifier tersebut dibantu dengan filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) yang dapat melenyapkan partikel asap terkecil hingga yang berukuran 0,3 mikron. Tak hanya itu, terdapat juga karbon aktif pada air purifier yang mampu menyerap asap melalui permukaannya yang berpori.

2. Mengurangi Penyakit Asma dan Alergi

Apakah kamu tahu bahwa sebenarnya sumber penyakit asma dan alergi sangat dekat denganmu? Ya, asma dan alergi dapat dipicu oleh debu dan partikel-partikel kecil di udara yang dihasilkan oleh perabotan atau peralatan rumah tangga, seperti alat pembersih, cat dinding, parfum, boneka, karpet berbulu, dan furnitur yang jarang dibersihkan.

Sama seperti fungsi air purifier sebelumnya, dalam hal ini, air purifier juga bekerja dengan cara menyaring partikel-partikel kecil di udara melalui filter HEPA tadi. Dengan menggunakan air purifier di rumah, kamu dan keluarga pun dapat terhindar dari kedua penyakit tersebut.

3. Melenyapkan Virus dan Bakteri di Udara

Tak hanya partikel kecil, air purifier juga berfungsi untuk menghilangkan virus dan bakteri yang tak kasat mata di udara. Keefektifan air purifier dalam melenyapkan virus dan bakteri ini sudah diuji oleh Retroscreen Virology, United Kingdom.

Uji terhadap air purifier ini dilakukan dengan cara menempatkan virus dalam sebuah wadah tertutup dan memasang alat air purifier di dalamnya. Setelah itu, mereka menghitung penurunan jumlah aktivitas virus di dalam wadah yang menggunakan air purifier tersebut. Hasil dari tesnya menunjukkan adanya penurunan drastis dari jumlah virus. Nah, dengan fungsi air purifier ini, kamu jadi bisa memiliki rumah yang lebih sehat dan nyaman untuk dihuni.

4. Mencegah Datangnya Jamur

Hampir di setiap hunian pasti pernah mengalami datangnya jamur, baik itu pada bagian tembok ataupun pintu kamar mandi. Biasanya, hal ini disebabkan oleh keadaan rumah yang lembap. Tak bisa dimungkiri, kehadiran jamur cukup mengganggu dan membuat hunian jadi tidak sehat serta terkesan kotor.

Namun, jangan khawatir karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air purifier. Fungsi air purifier dalam menangkal jamur ini sudah terbukti melalui serangkaian tes yang dilakukan oleh Japan Food Research Laboratories, lho!

5. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Apakah di rumahmu sering muncul bau tak sedap? Entah itu dari tempat sampah, dapur, ataupun hewan peliharaan. Jika demikian, kamu pun bisa menggunakan air purifier untuk menghilangkan bau-bau tersebut, lho!

Tidak perlu diragukan lagi, kemampuan air purifier dalam menghilangkan bau tak sedap ini sudah diakui melalui tes yang dilakukan oleh Japan Spinners Inspecting Foundation. Tujuan dari tes tersebut adalah untuk mengetahui keefektifan air purifier dalam menghilangkan bau tak sedap dengan menggunakan enam tingkatan pengukuran bau.

Nah, itulah lima fungsi air purifier lainnya selain untuk menjaga kualitas udara di dalam rumah. Setelah membaca pembahasan di atas, sekarang tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan air purifier, bukan? Pastikan kamu memilih produk air purifier terbaik, ya!

Email Facebook Twitter

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

X