Desain Interior Apartemen Sempit yang Cerdas Memanfaatkan Ruang

Sebagai salah satu opsi hunian, apartemen hadir bagi mereka yang memiliki keterbatasan lahan. Namun, masalah kadang tidak berhenti sampai di situ. Oleh karena kebanyakan ukuran apartemen sempit, pemilik harus cerdas mencari inspirasi desain hemat ruang. Mulai dari pintar-pintar mengatur layout, hingga memilih perabotan yang tepat.

Sebuah keluarga yang terdiri dari empat orang yang tinggal di Wychwood Barns, Toronto, juga mengalami persoalan serupa. Mereka kemudian meminta bantuan Reflect Architecture untuk merenovasi hunian mungil mereka agar lebih nyaman dan tentu saja tetap menarik secara visual.

Pentingnya Layout

Dalam menata ruangan, tidak perlu area yang benar-benar luas untuk membuat Anda merasa lega berada di dalamnya. Inilah yang menjadi tugas Reflect Architecture ketika melakukan renovasi apartemen sempit. Tim ini diminta untuk memaksimalkan ruang tanpa harus menambah ataupun merobohkan dinding-dinding yang sudah ada. Caranya adalah dengan menata ulang layout serta memaksimalkan cahaya yang masuk.

Penataan Dapur untuk Memaksimalkan Area Penyimpanan

Bagian dapur apartemen sangat riskan menjadi berantakan jika area penyimpanan tidak ditata dengan baik. Sebagai langkah untuk membuatnya lebih rapi dan menarik secara visual, desainer menggunakan panel kayu yang dipasang sampai ke atas, menyatu dengan area penyimpanan di dinding. Efeknya, ruangan terlihat lebih luas dan lapang.

Perpaduan Komponen Minimalis dan Unsur Geometris yang Rapi

Saat memasuki area apartemen, warna putih dan unsur kayu yang dominan memberikan kesan minimalis yang kental. Tidak sampai di situ, karena layout-nya yang tertata sedemikian rupa, garis-garis ruangan yang tegas membuat keseluruhan ruangan tampil sangat tertata. Ditambah pemilihan perabotan dengan warna kontras, ruangan minimalis lantai kayu menjadi tidak terlihat monoton lagi.

Kamar Tidur dengan View yang Memanjakan Mata

Untuk mendapatkan sumber pencahayaan alami sekaligus pemandangan yang apik, kamar tidur diletakkan di lantai dua. Dengan dinding serba putih dan bedding senada, lantai kayu hadir sebagai penyemarak suasana, membuat atmosfer di dalamnya menjadi lebih hangat. Sementara itu, jendela kaca pada sisi headboard ranjang memungkinkan cahaya matahari masuk dengan leluasa, sekaligus memberi kesempatan kepada penghuninya untuk beristirahat sembari menikmati pemandangan di luar rumah.

Eksterior yang Kontras

Ada pemandangan berbeda di bagian eksteriornya. Dengan area interior yang serba putih, pemilihan eksterior apartemen justru terbilang unik. Alih-alih menyeragamkan konsepnya, bagian luar bangunan tampil dengan gaya yang lebih “sangar”. Menonjolkan dinding bata ekspos dan jendela berwarna hitam, ada kesan industrial yang terasa. Meski begitu, perpaduan keduanya tetap terasa harmonis dan manis. Tertarik untuk menerapkan konsep serupa di rumah Anda?

Siap Bangun Rumah Idaman Anda Bersama Keluarga ?

Email Facebook Twitter

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dapatkan Penawaran Terbaik Kami

X